Penyakit Bisul - Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Penyakit Bisul

Gangguan kesehatan bisul merupakan sebuah benjolan merah yang muncul pada permukaan kulit dan terasa sangat sakit karena adanya kandungan nanah di dalamnya. Disebutkan bahwa bisul ini bisa saja muncul karena adanya peradangan pada bagian folikel rambut atau lubang dimana rambut itu tumbuh. Secara umum, bisul ini kerap kali ditemukan pada beberapa bagian tubuh yang diantaranya adalah bahu, leher, bokong, paha hingga ketiak. Hal ini tidak lain karena bagian tersebut sangatlah berkeringat.
Dalam kondisi tertentu, gangguan kesehatan bisul ini juga didapati pada bagian kelopak mata yang dikenal dengan sebutan bintitan. Untuk menghindari munculnya bisul, beberapa hal yang perlu dilakukan adalah mencuci tangan dengan teratur, tidak berbagi suatu barang dengan orang lain, merawat luka dengan segera sekaligus olahraga dan makan makanan yang sehat.

Gejala bisul

Secara umum, gejala gangguan kesehatan bisul ini sangatlah banyak dan di awal munculnya bisul tersebut akan ditandai dengan adanya benjolan berwarna merah pada permukaan kulit. Selanjutnya, kulit yang ada di sekitar bejolan akan mengalami pembengkakan hingga menyebabkan infeksi di beberapa bagian sekitarnya. Dalam beberapa waktu, bejolan akan membesar dan berisi nanah. Selain itu, pada bagian tengah benjolan terdapat sebuah titik putih yang merupakan puncaknya.

Penyebab Bisul

Dalam dunia medis, disebutkan bahwa penyebab gangguan kesehatan bisul ini disebabkan oleh adanya bakteri yang dikenal dengan sebutan Staphylococcus aureus. Di tubuh manusia, bakteri ini kerap kali ditemukan pada bagian dalam hidung. Jika bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh melalui permukaan kulit yang terluka, maka akan menyebabkan munculnya bisul tersebut. Lebih lanjut, beberapa penyebab bisul diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Tingkat kebersihan yang sangat buruk
    2. Infeksi pada luka
    3. Paparan terhadap bahan kimia berbahaya
    4. Memakai jenis pakaian yang sangat ketat
    5. Penyakit yang diantaranya adalah diabetes hingga sistem imun yang rendah

Faktor risiko yang bisa menjadi penyebab bisul

  • Siapa saja bisa bisulan, baik laki-laki maupun perempuan, tua atau muda. Namun, ada beberapa orang yang lebih rentan mengalami hal ini.
  • Bisul lebih mudah menyerang orang-orang dengan sistem imunitas yang rendah. Pasalnya, orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah akan lebih sulit untuk melawan infeksi.
  • Beberapa kondisi yang dapat melemahkan sistem imunitas adalah penyakit seperti diabetes, gagal ginjal, dan HIV, faktor usia, atau bila Anda menjalani perawatan dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu yang bekerja untuk menekan kerja sistem kekebalan tubuh.
  • Sejumlah penyakit kulit yang merusak lapisan pelindung kulit, seperti jerawat dan eksim (dermatitis atopik) juga dapat menjadi penyebab Anda lebih mudah bisulan.
  • Bisul dapat menular dari satu orang ke yang lainnya melalui kontak langsung antara kulit sehat dengan nanah. Sementara itu, penularan tidak langsung dapat terjadi jika Anda saling meminjam barang pribadi dengan seseorang yang bisulan.

Komplikasi Bisul

  • Bisul yang tak diatasi dengan tepat bisa memicu terjadinya komplikasi, seperti menyebar ke bagian tubuh lain. Penyebaran ini bisa memicu terjadinya, osteomielitis, endokarditis, atau sepsis.

Pantangan Penyakit Bisul

Makanan yang perlu dihindari adalah yang mengandung lemak tinggi, gula berlebih, dan tinggi karbohidrat. Seperti gula, susu, dan roti putih yang meningkatkan kinerja hormon tubuh.

Makan apa biar bisul cepat sembuh?

Ini Dia 4 Makanan yang Bisa Menyembuhkan Bisul di Kulit

  1. Air Putih dan Jus.
  2. Buah Segar.
    “Untuk menghindari bakteri merajalela di kulit Anda, penting untuk makan buah-buahan yang sebagian besar terdiri dari vitamin C,” jelas Dr Singer.
  3. Sayuran
  4. Almond dan Kacang.

Apa yang dilakukan ketika bisul matang atau pecah mengeluarkan nanah?

Meski terlihat menggemaskan, ketika bisul di kepala sudah matang (banyak nanahnya), ada baiknya Anda tidak memencet atau memaksa keluar nanahnya. Sebab bila caranya salah, hal itu dapat menginfeksi area terdekatnya atau membuat infeksinya masuk lebih dalam lagi ke kulit sehingga memicu infeksi parah atau timbulnya bisul lain.

Agar nanah dapat keluar dengan tuntas, mintalah bantuan ahlinya. Dokter akan membuat sayatan kecil pada bisul dan menggunakan kapas steril untuk menyerap serta menghilangkan nanahnya. Proses ini mesti dilakukan secara hati-hati dan dalam keadaan steril.

Pengobatan Bisul

Disebutkan bahwa ada banyak sekali pengobatan yang bisa dilakukan dalam menyikapi adanya gangguan kesehatan bisul ini. Dalam hal ini, penanganan yang pertama bisa dilakukan dengan mengkompres benjolan tersebut menggunakan air hangat.

Selanjutnya, tidak diperkenankan untuk memencet bisul karena bisa memperparah kondisi bisul. Sedangkan untuk obat bisul di apotek bisa berupa benzocaine, mupirocin ataupun gentamicin.