Penyakit Flu - Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati

Penyakit Flu (Influenza)

Flu atau yang lebih dikenal dalam dunia kedokteran sebagai influenza merupakan salah satu gangguan kesehatan yang terjadi karena adanya virus. Namun demikian, kebanyakan orang akan menyamakan antara flue dengan batuk pilek yang pada hakikatnya, dua hal ini sama sekali tidak sama. Gejala gangguan kesehatan flu ini cenderung lebih parah dibandingkan dengan batuk pilek pada umumnya. Flu merupakan penyakit yang mudah menular ke orang lain, terutama pada 3-4 hari pertama setelah penderita terinfeksi. Bahkan pada beberapa kasus, penderita flu dapat menularkan penyakitnya sebelum gejala muncul.

Gejala Flu

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa gejala gangguan kesehatan flu tersebut hampir menyerupai dengan batuk pilek biasa atau yang lebih dikenal dengan common cold. Untuk gejala flu akan menyerang dengan tiba-tiba sehingga hal semacam ini harus diwaspadai demi menghindarkan efek buruk ke depannya. Berikut ini beberapa gejala flu yang harus diketahui.

  1. Kondisi tubuh yang tiba-tiba demam
  2. Sakit yang terdapat pada tenggorokan
  3. Hidung yang tersumbat
  4. Kondisi bersin yang berulang kali
  5. Hilangnya nafsu makan
  6. Nyeri pada bagian otot
  7. Munculnya rasa mual dan disertai muntah
  8. Sakit kepala yang berlebih
  9. Tubuh yang tiba-tiba lemas
  10. Kondisi tubuh yang menggigil.

Diagnosis Flu

Untuk mendiagnosis flu, ada beberapa hal yang akan dilakukan oleh dokter. Pertama, biasanya dokter akan melakukan wawancara medis seputar keluhan atau gejala yang dialami pasien. Misalnya, adakah gejala seperti hidung tersumbat, bersin, atau suara serak. Di samping itu, dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik (dapat ditemukan demam). Bila diperlukan, dokter akan melakukan pemeriksaan penunjang (tes darah) bila gejala flu sudah berlangsung lebih dari 10 hari.

Penyebab Flu

Sedangkan mengenai penyebab gangguan kesehatan flu ini disebabkan oleh adanya virus influenza yang sangat mudah sekali menular. Untuk penularan itu sendiri akan sering terjadi di kala seseorang secara tidak sengaja menghirup adanya percikan air liur yang ada di udara di saat orang yang bersangkutan sedang bersin. Jika sudah demikian, maka seseorang akan berpotensi mengalami flu.
Selain itu, penyebab gangguan kesehatan flu juga bisa terjadi di saat tangan yang baru saja memegang berbagai benda yang terkena percikan bersin tersebut dan digunakan untuk menyentuh berbagai benda di sekitar. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan tangan.

Pengobatan Flu

Umumnya flu dapat sembuh dengan sendirinya. Langkah pengobatannya adalah istirahat yang cukup, banyak minum, serta menjaga tubuh agar tetap hangat. Disarankan bagi pengidap untuk mengonsumsi obat Herbal yang dapat menurunkan demam. Obat penurun demam juga dapat mengurangi gejala nyeri dan pegal dari flu. Pengidap tidak dianjurkan mengonsumsi antibiotik karena obat ini berfungsi membunuh bakteri, sedangkan flu disebabkan oleh virus.

Pengobatan Rumah

Gaya hidup dan pengobatan di rumah yang bisa membantu Anda mengatasi penyakit ini adalah:

  • Menggosokkan balsam dengan formula bahan-bahan alami berkhasiat seperti camphor, eucalyptus oil, dan menthol pada dada, leher, dan punggung.
  • Menghirup uap hangat dengan menyampurkan 2 sendok teh balsam dengan air panas. Atau dengan bantuan vaporizer untuk mengencerkan ingus yang menyumbat hidung.
  • Berkumur dengan air garam hangat atau obat kumur bisa meringankan sakit tenggorokan.
  • Mandi air hangat atau kompres dengan bantalan pemanas bisa membantu meringankan nyeri otot.
  • Minum air yang banyak adalah yang paling penting.
  • Perbanyak cairan dalam tubuh: minum 2 liter air putih setiap harinya untuk mengganti cairan tubuh yang hilang
  • Konsumsi suplemen atau vitamin untuk daya tahan tubuh
  • Istirahat yang cukup

Pencegahan Flu

Menurut World Health Organization atau WHO, cara terbaik untuk terhindar dari penyakit ini adalah dengan mendapatkan vaksinasi flu. Virus flu adalah jenis virus yang akan berevolusi secara terus-menerus. Itu sebabnya, WHO juga membuat rekomendasi untuk terus memperbaharui bahan-bahan vaksin.

WHO menganjurkan vaksinasi tahunan untuk kelompok berisiko tinggi, termasuk petugas kesehatan. Idealnya, vaksin ini dilakukan sebelum musim flu dimulai. Namun, mendapatkan vaksinasi kapan pun masih dapat membantu Anda terhindar dari sakit flu.

Komplikasi Flu

Flu yang sembuh kemudian kambuh dan memburuk bisa menjadi tanda komplikasi serius, seperti paru-paru basah, gangguan jantung, meningitis, atau infeksi virus pada otak. Komplikasi tersebu bisa lebih berisiko terjadi pada orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah dan ibu hamil.