Lipoma – Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati

Penyakit Lipoma

Penyakit lipoma merupakan suatu kondisi dimana penderita akan memiliki suatu benjolan yang berisi lemak dan benjolan tersebut akan muncul karena lemak tersebut menumpuk dibagian bawah kulit dan otot. Lipoma seringkali muncul di bagian leher, punggung, lengan, bahu, dan juga paha.
Penyakit ini termasuk dalam jenis klasifikasi tumor ringan dan sering terjadi pada sebagian orang dewasa.

Gejala Lipoma

Dikarenakan penyakit lipoma berbentuk benjolan, maka untuk gejalanya sendiri juga merupakan sebuah bentuk benjolan. Pada awalnya, benjolan yang muncul ini akan berbentuk sebuah subkutan yang bersifat lunak, bulat, dan tidak akan menimbulkan rasa nyeri kepada penderitanya. Oleh karena tidak menimbulkan rasa nyeri itulah banyak orang yang tidak sadar bahwa ia sedang mengalami penyakit lipoma.

Kemudian, benjolan tersebut akan berubah dalam bentuk yang lebih keras dan juga padat. Jika benjolan lipoma akan mengarah pada cikal bakal tumor, maka akan ada rasa nyeri yang muncul karena mengenai saraf atau karena di dalam benjolan tersebut terdapat banyak pembuluh darah.

Penyebab Lipoma

Untuk penyebab dari lipoma sendiri belum diketahui secara pasti apa yang bisa menyebabkan pembengkakan lipoma. Akan tetapi hingga saat ini, para ahli medis memperkirakan jika terdapat faktor genetik yang berperan penting sebagai penyebab penyakit lipoma.
Selain itu, para ahli medis juga berpendapat bahwa munculnya lipoma ini merupakan sebuah bentuk respon terhadap suatu trauma fisik.

Diagnosis Lipoma

Lipoma bisa diketahui melalui pemeriksaan fisik dengan melihat dan merasakan karakteristik dari benjolan. Biasanya pemeriksaan lanjutan tidak diperlukan. Namun, untuk memastikan penyebab benjolan adalah sebuah lipoma, pihak medis dapat melakukan:

  • USG
  • CT scan
  • MRI
  • Biopsi

Berbagai pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan bahwa benjolan tersebut bukan tumor ganas, misalnya kanker jaringan lemak (liposarcoma).

Penanganan Lipoma

Lipoma sering kali tidak memerlukan penanganan khusus, karena tidak berbahaya. Namun, ada beberapa langkah penanganan yang dapat dilakukan jika lipoma menimbulkan rasa tidak nyaman, sakit atau mengganggu, dan ukurannya terus berkembang.

Cara yang paling sering dilakukan untuk menangani lipoma adalah operasi pengangkatan benjolan. Biasanya lipoma tidak akan tumbuh kembali setelah diangkat.

Selain operasi pengangkatan benjolan, sedot lemak atau suntik kortikosteroid dapat dilakukan untuk menyusutkan ukuran lipoma. Namun, kedua cara ini tidak dapat menghilangkan lipoma secara total.